Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa di Kelas V SD

Azlina, Azlina (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AZLINA_17129014_516_2022.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Realita yang ditemukan dalam lingkungan pendidikan penggunaan media pembelajaran masih sama dengan biasanya, dikarenakan masih banyak guru yang kurang mampu memanfaatkan teknologi sesuai perkembangan IPTEK. Oleh karena itu, pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah "Bagaimanakah tingkat kelayakan dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif dengan software Macromedia Flash 8 pada materi Penjumlahan dan Pengurangan pecahan biasa di Kelas V SD". Jenis penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo. Tahapan penelitian ialah konsep, desain, pengumpulan bahan, penyusunan, pengujian dan distribusi. Produk penelitian yang dikembangkan ialah berupa multimedia interaktif. Uji coba kelayakan produk melalui angket dilakukan oleh ahli media, bahasa dan materi. Uji coba kepraktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas V SDN 23 Sungai Geringging dan SDN 15 Sungai Geringging. Hasil penelitian dilakukan berdasarkan tahap-tahap pada model pengembangan sehingga diperoleh hasil validitas multimedia interaktif dengan software Macromedia Flash 8 pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa dengan Penyebut Berbeda di Kelas V SD dinyatakan valid dengan persentase rata-rata 94,46% kategori sangat valid. Multimedia interaktif dinyatakan praktis dengan persentase rata-rata respon guru 96,58% kategori sangat praktis dan persentase rata-rata respon siswa 86,30% kategori sangat praktis. Hal ini membuktikan multimedia interaktif layak dan sangat praktis digunakan pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa dengan Penyebut Berbeda di Kelas V SD. Multimedia interaktif didistribusikan dalam bentuk DVD dan diberikan kepada sekolah ataupun guru kelas V SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:52
Last Modified: 05 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39036

Actions (login required)

View Item View Item