Kontribusi Sosial Ekonomi Orangtua dan Kebersyukuran dalam Hidup terhadap Subjective Well-Being Remaja yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau

Ramadani, Indah Rizki (2021) Kontribusi Sosial Ekonomi Orangtua dan Kebersyukuran dalam Hidup terhadap Subjective Well-Being Remaja yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INDAH_RIZKI_RAMADANI_19151020_3986_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ada pada remaja terkait kebahagiaan dalam hidup yang dialami. Sosial ekonomi orangtua dan kebersyukuran dalam hidup merupakan faktor yang mempengaruhi subjective well-being remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi sosial ekonomi orangtua dan kebersyukuran dalam hidup terhadap subjective well-being remaja yang berlatar belakang etnis Minangkabau dengan: ( 1) menganalisis gambaran subjective well-being remaja, (2) menganalisis gambaran sosial ekonomi orangtua remaja, (3) menganalisis kebersyukuran dalam hidup yang ditampilkan oleh remaja, (4) menganalisis seberapa besar kontribusi sosial ekonomi orangtua terhadap subjective well-being remaja yang berlatar belakang etnis Minangkabau, ( 5) menganalisis seberapa besar kontribusi kebersyukuran terhadap subjective well-being remaja yang berlatar belakang etnis Minangkabau, ( 6) menganalisis seberapa besar kontribusi sosial ekonomi orangtua dan kebersyukuran dalam hidup secara bersama-sama terhadap subjective well- being remaja yang berlatar belakang etnis Minangkabau. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar yang beragam latar belakang budaya. Sampel penelitian berjumlah 182 orang, yang dipilih dengan teknik purposive random sampling yaitu penarikan sampel dengan menetapkan kriteria berlatar belakang budaya Minangkabau. Instrumen yang digunakan ialah daftar isian dengan skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji beda T- Test, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjective well-being remaja sebesar 66,96% yang berada pada kategori sedang, (2) secara rata-rata sosial ekonomi orangtua berada pada kategori rendah, (3) kebersyukuran pada remaja menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata 84,83%, (4) sosial ekonomi orangtua tidak berkontribusi terhadap subjective well-being remaja, (5) kontribusi kebersyukuran terhadap subjective well-being remaja sebesar 41,7%, dan (6) kontribusi sosial ekonomi orangtua dan kebersyukuran terhadap subjective well- being sedikit berkontribusi dikarenakan kebahagiaan dalam hidup pada remaja tidak diukur berdasarkan sosial ekonomi orangtua dan kebersyukuran terhadap subjective well-being lebih besar kontribusinya yang artinya remaja sudah mampu untuk mengekspresikan diri dalam bersyukur sehingga kebersyukuran memiliki kontribusi yang besar terhadap kepuasan hidup. Dengan senantiasa bersyukur maka kita akan merasa lebih bahagia menjalani hidup dan kualitas hidup remaja akan meningkat sehingga remaja mampu membentuk dirinya dan memperluas persepsi terhadap masa depan. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39028

Actions (login required)

View Item View Item