Efektivitas Teknik Modeling Seting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa

Ferdiansa, Geandra (2021) Efektivitas Teknik Modeling Seting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRIYANTI_16124101_1335_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku yang sengaja dilakukan untuk menyakiti orang lain secara psikis dan fisik. Permasalahan ini terj adi karena pengaruh dari lingkungan siswa dan tayangan kekerasan yang ada di televisi, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Perilaku agresif yang terjadi adalah perilaku agresif fisik, perilaku agresif verbal, perilaku marah yang berlebihan dan perilaku permusuhan yang berlebihan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi perilaku agresif siswa adalah teknik modeling setting kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik modeling setting kelompok untuk mengurangi perilaku agresif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. J enis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 27 Kerinci dan sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model SkalaLikert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Samples dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan penelitian ini yakni: ( 1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku agresif kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti teknik modelingsetting kelompok, (2) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku agresif kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan informasi tentang perilaku agresif, (3) terdapat perbedaan perilaku agresif siswa kelompok eksperimen yang diberikan teknik modeling setting kelompok dengan kelompok kontrol yang diberikan informasi tentang perilaku agresif, hal ini terlihat pada skor rata-rata posttest kelompok eksperimen turun lebih tinggi dari pada skor rata-rata posttest kelompok control.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39026

Actions (login required)

View Item View Item