Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD

Saputri, Anggi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANGGI_SAPUTRI_17129120_514_2022.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya penggunaan media pembelajaran teknologi dalam dunia pendidikan. Fasilitas di sekolah sudah memadai tetapi pemanfaatan sebagai media pembelajaran belum maksimal. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Ispring Suite pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan mengggunakan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Tahapan penelitian ini yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Jenis data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa dan guru kelas IV SDN 11 Lubuk Buaya. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis Ispring Suite yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai validasi media 87,4%, validasi materi 90,6%, validasi bahasa 80% dengan nilai rata-rata validasi 86% 2) Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Ispring Suite memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai angket praktikalitas guru 87,5% dan praktikalitas siswa 88,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:36
Last Modified: 03 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39016

Actions (login required)

View Item View Item