Peramalan Jumlah Kunjungan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Kota Bukittinggi Menggunakan Metode Exponential Smoothing Holt Winters.

Nizia, Reza Fatma (2022) Peramalan Jumlah Kunjungan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Kota Bukittinggi Menggunakan Metode Exponential Smoothing Holt Winters. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_REZA_FATMA_NIZIA_18037060_1385_2022.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) merupakan wisata yang banyak dikunjungi. Hal ini berdampak terhadap lingkungan yang menyebabkan meningkatnya jumlah limbah. Sehingga Dinas Pariwisata perlu solusi untuk memperkirakan jumlah pengunjung agar dapat mengantisipasi hal yang dapat terjadi kedepannya. Metode peramalan adalah metode yang tepat untuk meramalkan jumlah pengunjung yang akan datang. Metode peramalan yang tepat untuk permasalahan ini adalah metode Exponential Smoothing Holt Winters. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi. Penelitian ini dimulai dengan mengindentifikasi data, menentukan parameter penghalusan, nilai smoothing awal, menghitung nilai penghalusan, menentukan model terbaik dan selanjutnya meramalkan data jumlah pengunjung berdasarkan model terbaik. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan model yang terbaik adalah Metode Exponential Smoothing Holt Winters model multiplikatif dengan persamaan sebagai berikut:

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BUDAYA KINANTAN, PENGUNJUNG, TAMAN MARGASATWA
Subjects: Q Science > QL Zoology
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:08
Last Modified: 01 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38984

Actions (login required)

View Item View Item