Pengembangan Instrumen Penilaian Produk pada Pembelajaran Sosiologi untuk Mengukur Keterampilan Siswa di SMA Negeri 1 Banjarnegara

Mubarikah, Radiyah Muhsin (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Produk pada Pembelajaran Sosiologi untuk Mengukur Keterampilan Siswa di SMA Negeri 1 Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RADIYAHMUHSIN_MUBARIKAH_17058120_526_2021.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kelayakan instrumen penilaian produk ,(2) praktikalias instrumen penilaian produk, dan (3) efektivitas instrumen penilaian produk materi pemetaan sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya dilakukan penilaian keterampilan pada produk siswa.Oleh sebab itu peneliti mengembangkan instrumen penilaian produk untuk mengukur keterampilan peserta didik.Teori yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah teori konstruktivistik Vygotsky. Teori ini sesuai dengan penerapan instrumen penilaian produk yang mengarahkan siswa belajar melalui interaksi dengan teman sebaya yang lebih mampu. Interaksi sosial ini memacu terbentuknya ide baru dan memperkaya perkembangan intelektual peserta didik.Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini meliputi lima tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementations) Dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes, angket dan uji coba instrumen penilaian produk.Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan instrumen penilaian produk memperoleh skor 0,86 dengan kategori Sangat kuat dan dinyatakan valid. (2) praktikalitas instrumen penilaian produk persentase diperoleh sebanyak 88% dan memudahkan guru melakukan penilaian. (3) efektivitas instrumen penilaian produk dilakukan uji T-Test dan diperoleh hasil Sig.(2-tailed) 0.00 ˂ 5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ASPEK KETERAMPILAN, INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:42
Last Modified: 01 Aug 2022 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38971

Actions (login required)

View Item View Item