Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terstruktur untuk Kelas XI SMA Materi Termokimia merupakan Materi Pembelajaran untuk kelas XI SMA semester 1.

Novia, Novia (2022) Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terstruktur untuk Kelas XI SMA Materi Termokimia merupakan Materi Pembelajaran untuk kelas XI SMA semester 1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NOVIA_15035036_1446_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Materi termokimia adalah materi yang dianggap sulit oleh siswa karena banyak persamaan reaksi dan perhitungan kimia. Untuk memahami materi ini diperlukan model permbelajaran yang dapat menuntun siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul termokimia berbasis inkuiri terstruktur untuk kelas XI SMA dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dikembangkan merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefiisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan, yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian menggunakan angket lembar observasi, validitas dan praktikalitas. uji validasi dilakukan oleh 4 orang validator yaitu 3 dosen kimia dan 1 guru SMA Negeri 2 Painan. Uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru kimia dan 35 orang siswan SMA Negeri 2 Painan. Hasil analisis data uji validitas diperoleh momen kappa rata-rata sebesar 0,76. dikatergorikan tinngi.. Hasil analisis data uji praktikalitas diperoleh momen kappa rata-rata dari guru sebesar 1 diktegorikan sangat tinggi dan dari siswa 0,94 dikategorikan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka modul termokimia berbasis inkuiri terstruktur untuk kelas XI SMA sudah valid dan praktis digunakan dalam perbelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TERMOKIMIA, INKUIRI TERSTRUKTUR, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:37
Last Modified: 01 Aug 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38955

Actions (login required)

View Item View Item