Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Menggunakan Model GDL Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA

Habibah, Hanan (2022) Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Menggunakan Model GDL Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_HANAN_HABIBAH_17035011_1610_2022.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring. Dibutuhkan teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran salah satunya adalah e-learning. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa penggunaan elearning madrasah yang tersedia belum efektif dalam menunjang proses pembelajaran terutama terhadap komunikasi antara guru dan peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami pembelajaran kimia pada materi laju reaksi. Bahan ajar yang tersedia belum dilengkapi dengan praktikum mandiri dan belum menggunakan model pembelajaran secara saintifik sesuai kurikulum 2013. Untuk itu dibutuhkan e-learning yang dapat menunjang komunikasi antara guru dan peserta didik terlaksana dengan baik, salah satunya yaitu schoology. Agar pembelajaran dapat terstruktur diperlukan model pembelajaran yang dapat dikolaborasikan ke dalam schoology, salah satunya adalah model guided discovery learning (GDL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menentukan kevalidan e-learning berbasis schoology menggunakan model GDL pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design research berupa development studies. Subjek yang terlibat diantaranya adalah dosen kimia UNP, dosen teknik informatika UNP, dan guru kimia di MAN 1 Kota Bukittinggi. Objek dari penelitian ini yaitu e-learning berbasis schoology menggunakan model GDL pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA. Penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan plomp. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen validasi. Hasil penilaian pada setiap angket validasi diolah menggunakan rumus Aikens’V. Berdasarkan analisis angket uji validasi oleh 6 orang ahli materi dan 3 orang ahli media didapatkan hasil bahwa E-learning berbasis schoology menggunakan model GDL pada materi laju reaksi kelas yang dikembangkan telah valid (0,92) dengan rata-rata validasi konten 0,92, validasi konstruk 0,92, dan validasi ahli media 0,92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LEARNING, SCHOOLOGY, GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:35
Last Modified: 01 Aug 2022 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38947

Actions (login required)

View Item View Item