Hubungan Aktivitas Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok

Oktavia, Nadia (2021) Hubungan Aktivitas Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NADIA_OKTAVIA_17058193_6167_2021.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Tingginya aktivitas siswa dalam menggunakan media sosial pada saat proses pembelajaran menyebankan hasil belajar mata pelajaran sosiologi belum maksimal. Penelitian ini memfokuskan pada hubungan aktivitas penggunaan media sosial dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatifkorelasional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas aktivitas mengakses sosial media dan variabel terikat hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 1 Pantai Cermin yang berjumlah 85 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Berdasarkan uji hipotesis menggukan teknik analisis productmoment dapat dilihat bahwa nilai pearson corelation pada masing-masing variabel 0.368 atau berada 0,20–0,399. Hal ini menunjukkan bahwa corelasi antara variabel x terhadap y dapat dikatakan lemah pada indikator aktivitas mengakses media sosial aplikasi Facebook, Tiktok, Whatsapp, dan Instagram. Dari hasil observasididapatkan penggunaan media sosial yang beragam pada kelas XI IPSyang didominasiolehsosialmediaFacebook,Instagram, WhatsApp, danTiktok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:07
Last Modified: 27 Jul 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38914

Actions (login required)

View Item View Item