Systematic Review: Permasalahan Pembelajaran Fisika dan Solusinya pada Masa Pandemi Covid-19.

Febiola, Nadia (2022) Systematic Review: Permasalahan Pembelajaran Fisika dan Solusinya pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NADIA_FEBIOLA_18033073_1066_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Pandemic COVID-19 telah berdampak pada berbagai bidang kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Pemerintah berusaha mengatasi pandemi tersebut dengan mengeluarkan surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pembelajaran pada masa darurat COVID-19 dan dipertegas oleh surat edaran sekjen no 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan pembelajaran di masa darurat COVID-19. Namun permasalahan pembelajaran tetap ditemukan dalam masa pandemi COVID-19. Sejumlah artikel membahas tentang berbagai permasalahan pembelajaran fisika selama pandemi COVID-19 dan disisi lain juga ditemukan sejumlah artikel yang membahas tentang berbagai solusi pembelajaran fisika selama pandemi ini. Informasi ini belum dirangkum menjadi informasi baru (systematic review) yang bermanfaat bagi guru dalam memahami permasalahan pembelajaran fisika dan solusinya selama pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis: (1) permasalahan atau kendala dalam pembelajaran Fisika bagi guru selama pandemi COVID-19. (2) permasalahan atau kendala dalam pembelajaran Fisika bagi siswa selama pandemi COVID-19. (3) permasalahan atau kendala dalam pembelajaran Fisika terhadap sarana dan prasarana selama pandemi COVID-19. (4) mengetahui model atau metode pembelajaran yang digunakan guru atau dosen sebagai solusi permasalahan pembelajaran fisika selama pandemi Covid-19. (5) mengetahui media atau aplikasi software pembelajaran yang digunakan guru atau dosen sebagai solusi permasalahan pembelajaran fisika selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode systematic review dengan meneliti, menilai dan mensintesis hasil dari sejumlah penelitian yang dilakukan secara sistematis. Sampel terdiri atas 20 artikel jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan pada tahun 2020-2021 tentang permasalahan pembelajaran fisika maupun tentang solusi pembelajaran fisika pada masa pandemi COVID-19. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masalah yang sering timbul bagi guru pada pembelajaran fisika di masa pandemi yaitu penyajian materi oleh guru atau dosen yang kurang maksimal, (2) Masalah yang sering timbul bagi siswa pada pembelajaran fisika di masa pandemi yaitu rendahnya pemahaman konsep siswa, (3) Masalah yang sering timbul akibat dari sarana dan prasarana pada pembelajaran fisika di masa pandemi yaitu kualitas jaringan yang tidak baik, (4) Model atau metode yang digunakan pada pembelajaran fisika sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran di masa pandemi yaitu model evaluasi Countenance dan model konvensional sedangkan metode yang digunakan yaitu metode auditori dan visual, metode diskusi, eksperimen, berbasis digital, kontekstual dan soal contoh dan metode diskusi, (5) Media yang paling banyak digunakan pada pembelajaran fisika sebagai solusi permasalahan pembelajaran di masa pandemi yaitu Aplikasi Whatsapp dan zoom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN FISIKA, PANDEMI COVID-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:08
Last Modified: 27 Jul 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38905

Actions (login required)

View Item View Item