Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum aestivum L.) terhadap Kadar Kolesterol pada Mencit (Mus musculus L.) Hiperkolesterolemia

Lendra, Widya (2022) Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum aestivum L.) terhadap Kadar Kolesterol pada Mencit (Mus musculus L.) Hiperkolesterolemia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WIDYA_LENDRA_18032147_1113_2022.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Hiperkolesterolemia adalah keadaan yang ditandai oleh adanya peningkatan kadar lemak darah ≥ 240 mg/dL. Pada umumnya pengobatan hiperkolesterolemia menggunakan obat golongan statin. Namun obat ini memberikan efek samping seperti mual dan konstipasi. Salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional adalah rumput gandum (Triticum aestivum L.). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jus rumput gandum terhadap kadar kolesterol pada mencit hiperkolesterolemia. Jenis penelitian ini eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang dilaksanakan pada Agustus-Desember 2021 di Laboratorium Fisiologi Hewan dan Rumah Hewan Jurusan Biologi FMIPA UNP. Sampel yang digunakan yaitu 25 mencit jantan yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu K(-) : tidak diberi jus rumput gandum dan tidak diberi pakan tinggi kolesterol, K(+) : diberi pakan tinggi kolesterol dan simvastatin, P1 : diberi jus rumput gandum konsentrasi 50% setelah diberi pakan tinggi kolesterol, P2 : jus rumput gandum konsentrasi 75% setelah diberi pakan tinggi kolesterol, P3 : jus rumput gandum konsentrasi 100% setelah diberi pakan tinggi kolesterol. Pemeriksaan kadar kolesterol mencit dengan menggunakan alat Easy Touch GCU. Data dianalisis dengan uji One Way ANOVA (Analysis of Varians) dan bila hasil yang diperoleh menunjukkan beda nyata, maka dilakukan uji lanjut DMRT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan, jus rumput gandum berpengaruh (p < 0,05) terhadap penurunan kadar kolesterol mencit hiperkolesterolemia. Pemberian jus rumput gandum yang efektif yaitu pada konsentrasi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RUMPUT GANDUM, KOLESTEROL, MENCIT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:07
Last Modified: 27 Jul 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38894

Actions (login required)

View Item View Item