Perilaku Belanja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Putri, Muharani (2021) Perilaku Belanja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MUHARANI_PUTRI_16058013_1179_2021.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya berbagai pasar yang meyediakan berbagai kemudahan dalam berbelanja sehingga mengakibatkan mahasiswa memiliki prilaku kosumtif. Penelitian perilaku konsumtif perlu dilakukan karena berkaitan dengan kemampuan mengatur pengeluaran keuangan. Apabila uang digunakan tidak terkendali akan mengakibatkan mahasiswa mengalami masalah dalam memenuhi kebutuhan utama kuliah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku belanja mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang tahun masuk 2016, 2017, 2018, 2019, yang terdaftar pada semester Januari sampai Juni 2020. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, metode angket digunakan untuk mencari data mengenai variabel perilaku belanja dengan menggunakan skala Likert. Keabsahan data didapatkan dengan cara melakukan uji validitas dan realibilitas. Data dari angket dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan pola perilaku belanja mahasiswa sebagai berikut: (1)Mahasiswa laki-laki Jurusan Sosiologi tahun masuk 2016, 2017, 2018, 2019 memiliki perilaku belanja dengan kategori sedang yatitu 48% dan mahasiswa perempuan dengan kategori tinggi yaitu 50%. (2)Mahasiswa laki-laki dan perempuan lebih dominan berbelanja di pasar tradisional dengan persentase 50% dan 51%. (3)Mahasiswa laki-laki dan perempuan dengan jatah belanja 200.000 sampai >2.500.000 memiliki tingkat perilaku belanja dengan kategori sedang yaitu 48% dan 46%. (4)Mahasiswa perempuan memiliki perilaku belanja konsumtif yang tinggi yaitu 52% dibandingkan denga mahasiswa laki-laki yaitu sebesar 49%..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERILAKU BELANJA MAHASISWA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:07
Last Modified: 27 Jul 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38892

Actions (login required)

View Item View Item