Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Program Linear Dua Variabel untuk Kelas XI SMA/MA.

Nurlawia, Nurlawia (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Program Linear Dua Variabel untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NURALAWIA_17029037_1984_2022.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di sekolah masih menemui banyak kendala selama pembelajaran. Proses pembelajaran belum optimal dan LKPD sebagai penunjang/pendukung keterlaksanaan RPP belum tersedia. Penggunaan LKPD pada suatu materi memungkinkan peserta didik mudah dan cepat dalam memahami materi, serta membuat peserta didik mampu mengingat materi dalam waktu yang lama. Pendidik telah berupaya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Peserta didik cenderung menerima apa yang disampaikan oleh pendidik tanpa adanya respon timbal balik dari mereka. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada soal-soal tidak rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi program linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar validasi yang diisi oleh beberapa orang pakar/ahli, angket praktikalitas, dan tes akhir (PH) untuk menguji keefektifan dari produk yang telah dibuat. Hasil dari data-data ini kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan CTL telah memenuhi kriteria valid dengan persentase validitas sebesar 85,11% yang dilihat dari segi kelayakan isi, penyajian, kegrafikan, dan kebahasaan, praktis dengan persentase 86,66% yang dilihat dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, dan kemenarikan penyajian, serta efektif dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,71% dengan karakteristik sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, PROGRAM LINEAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:29
Last Modified: 20 Jul 2022 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38785

Actions (login required)

View Item View Item