Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Program Linear Kelas XI SMA.

Muthmainah, Miftahul (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Program Linear Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MIFTAHUL_MUTHMAINAH_16029019_1384_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Lembar kerja peserta didik yang digunakan oleh pendidik masih berupa LKS yang berisi lembar-lembar materi dan soal tanpa menunjukkan langkahlangkah yang dapat dipahami dan mengasah cara berfikir peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education pada materi program linear kelas XI SMA yang valid dan praktis berdasarkan model pengembangan Plomp. Penelitian dengan model pengembangan Plomp melewati tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototipe (prototyping stage), dan fase penilaian (assessment phase). Fase penelitian pendahuluan terlebih dahulu menentukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Fase pengembangan merancang LKPD berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, kemudian melakukan self evaluation, expert review oleh tiga orang validator, uji coba one to one evaluation, dan small group evaluation. Pada fase penilaian tujuannya mengetahui kepraktisan lembar kerja peserta didik melalui angket praktikalitas yang diberikan setelah uji coba small group evaluation. Hasil penelitian dan penilaian validitas menunjukkan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validitas diperoleh 82,33 % berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Kepraktisan lembar kerja peserta didik juga dikategorikan sangat praktis dengan persentase 84,75 % ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan, kesesuaian waktu, dan kebermanfaatan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis realistic mathematics education pada materi program linear kelas XI SMA dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, MATHEMATICS EDUCATION, PROGRAM LINEAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:28
Last Modified: 20 Jul 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38780

Actions (login required)

View Item View Item