Pengembangan Komik Strip Berdasarkan Urutan Kronologis Peristiwa sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA

Rani, Nursepti (2022) Pengembangan Komik Strip Berdasarkan Urutan Kronologis Peristiwa sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NURSEPTI_RANI_17046122_418_2022.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari berbagai persoalan yang terjadi dalam pembelajaran sejarah. Salah satunya yaitu sulitnya guru membangun konstruksi berpikir kronologis anak didik, karena materi pembelajaran sejarah yang bersifat abstrak. Media adalah hal utama yang hams digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk membantu visualisasi peristiwa masa lalu agar nyata terlihat oleh anak didik. Akan tetapi kendala yang tidak dapat dihindari adalah minimnya ketersediaan media yang mumpuni dalam visualisasi peristiwa sejarah. Berangkat dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik strip berdasarkan urutan Kronologi Peristiwa sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE dilakukan pada tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan) dan Implementation (Penerapan). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument validitas dan praktikalitas produk yang meliputi validitas isi, bahasa, dan kegrafikaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan, telah dihasilkan sebuah produk komik strip. Komik strip yang dihasilkan dikembangkan dengan tahapan: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementasi. Tahap analisis bisa dikatakan sebagai tindakan analisis permasalahan yang relevan dengan permasalahan yang terdiri atas analisis kebutuhan, analisis materi dan analisis lingkungan. Tahap desain merupakan tahapan yang dilakukan untuk menyusun desain komik strip meliputi pembuatan desain ringksan cerita, desain story line, desain awal komik dan pengeditan dengan menggunakan aplikasi photoshop dan coreldraw X7. Tahap pengembangan merupakan tahapan yang dilakukan untuk menguji kevalidan komik strip. Uji praktikalitas produk dilakukan pada tahap implementasi dimana komik strip Kerajaan Sriwijaya di uji cobakan di sekolah. Berdasarkan uji kevalidan produk, diketahui bahwa komik strip yang dihasilkan tergolong sangat valid dari aspek materi dan aspek media. Dengan demikian, komik strip yang dihasilkan layak diterapkan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji praktikalitas diperoleh bahwa komik strip Kerajaan Sriwijaya tergolong praktis dijadikan bahan atau media ajar dalam Pembelajaran Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:39
Last Modified: 18 Jul 2022 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38736

Actions (login required)

View Item View Item