Pengembangan Bahan Ajar E-book Interaktif dalam Meningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Atas

Maharani, Anneya Wulan (2021) Pengembangan Bahan Ajar E-book Interaktif dalam Meningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ANNEYA_WULAN_MAHARANI_16046005_1426_2021.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-book interaktif untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa menengah atas pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D), guna menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut yang bersifat analisis sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan metode yang digunakan mengacu pada model ADDIE (analisis,desain,pengembangan,implementasi, evaluasi). Dalam penelitian ini melibatkan sejumlah ahli sebagai validator seperti ahli materi, ahli bahan ajar, ahli teknologi pembelajaran untuk menguji kelayakan bahan ajar ajar e-book interaktif serta melibatkan guru dan siswa sekolah menengah atas untuk mengetahui tingkat kepraktisan melalui instrument berupa angket validasi. Setiap pertanyaan memiliki alternatif respon yang didasarkan pada skala Likert yaitu sangat baik, baik, tidak baik, sangat tidak baik yang tiap respon memiliki skor. Kemudian analisis data dilakukan dengan menghitung rata- rata skor dari semua pertanyaan dalam instrument untuk mengetahui nilai kelayakannya. Jawaban sangat layak menandakan pendekatan sinkronik sangat efektif pada pembelajaran sejarah, jawaban layak menandakan pendekatan sinkronik efektif dalam pembelajaran sejarah dan seterusnya. Hasil uji kelayakan bahan ajar e-book interaktif berdasarkan kelayakan materi yakni kelayakan ahli materi 3.43 dengan katagori sangat layak. Validasi bahan ajar awalnya sebesar 1.73 dikategorikan kurang layak dan setelah direvisi diperoleh rata-rata 3.78 dengan dikategorikan sangat layak. Sedangkan ahli teknologi pembelajaran yakni 3.78 dengan dikategorikan sangat layak. Uji praktikalitas bahan ajar e-book interaktif dilakukan terhadap guru dan siswa, diperoleh skor 3,7 yang menunjukan bahwa bahan ajar sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LITERASI MEMBACA, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:21
Last Modified: 12 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38696

Actions (login required)

View Item View Item