Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Kooperatif Learning Tipe Take And Give di Kelas V SDN 21 Agam.

Putri, Ratifa Rizana (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Kooperatif Learning Tipe Take And Give di Kelas V SDN 21 Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RATIFA_RIZANA_PUTRI_17129401_137_2022.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered) kurang terlihat, peserta didik terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran, kemampuan peserta didik terhadap permasalahan yang dihadapinya masih kurang terlihat, kurangnya kemampuan tanggung jawab peserta didik dalam menerima tanggung jawab yang diberikan oleh guru, rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Take And Give. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Tempat peneliti melakukan penelitian yaitu di SD Negeri 21 Agam, kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 21 Agam yang berjumlah 25 orang. Data penelitian diperoleh dari penilian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh skor 80% (B), meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah membuat RPP yang sesuai dengan tuntunan sehingga memperoleh skor 95% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh skor 84% (B), meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya sehingga memperoleh skor 95% (B), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 80,15 (B) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 94 (SB. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa denfan model Kooperatif Tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL KOOPERATIF TIPE, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:32
Last Modified: 04 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38517

Actions (login required)

View Item View Item