Pengembangan Booklet Virus sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi di SMA

Lorika, Ruri (2022) Pengembangan Booklet Virus sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RURI_LORIKA_17031078_975_2022.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran sebagai alat untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu pendukung agar peserta didik mudah memahami materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada guru dan peserta didik di SMAN 4 Padang, diketahui peserta didik kesulitan memahami materi virus. Penyebab kesulitan diantaranya karena istilah-istilah yang sulit dipahami peserta didik, materi abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung. Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa LKPD, slide power point, buku teks, dan modul. Peserta didik masih membutuhkan bahan ajar tambahan lain yang bisa menarik minat dan membantu untuk memahami materi virus. Maka dikembangkan booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) menggunakan tiga tahapan dari model 4D yaitu define, design, dan develop (tahapan disseminate tidak dilakukan). Subjek penelitian adalah 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 4 Padang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung melalui instrumen yang diberikan kepada subjek penelitian, yaitu berupa data hasil angket observasi, hasil uji validitas dan hasil uji respon. Data hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata validitas 94,52% dengan kategori sangat valid. Nilai respon oleh guru 100% dengan kriteria sangat praktis dan nilai respon oleh peserta didik 89,75% dengan kriteria sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi pada materi virus yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:15
Last Modified: 30 Jun 2022 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38474

Actions (login required)

View Item View Item