Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SD Negeri 56 Anak Air

Fajriani, Nabila (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SD Negeri 56 Anak Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NABILA_FAJRIANI_18129069_1550_2022.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik, dan kurangnya kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 56 Anak Air. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay di kelas V SD Negeri 56 Anak Air. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 15 orang. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I a) RPPmenunjukkan rata-rata 89,90% (B) dan siklus II menjadi 97,72% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 86,45% (B) dan siklus II 95,83% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata-rata 86,45% (B), dan siklus II menjadi 95,83% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 69,1 (C) dan siklus II rata-rata 90,13 (SB) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, COURSEREVIEW HORAY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:13
Last Modified: 29 Jun 2022 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38466

Actions (login required)

View Item View Item