Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII SMP

Sari, Lesnida (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_LESNIDA_SARI_16029063_1454_2022.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Kurikulum yang diterapkan di sekolah saat ini adalah Kurikulum 2013 yang menghendaki penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Peserta didik dituntut berperan aktif dalam menemukan suatu konsep. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik matematika di SMPN 2 Bukit Sundi, pembelajaran dengan pendekatan saintifik masih belum terlaksana dengan optimal. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang tidak terbiasa untuk belajar dengan menemukan konsep dan kurangnya bahan ajar yang mendukung pelaksanaan saintifik. Oleh sebab itu, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan pada penelitian ini adalah LKPD berbasis pendekatan saintifik guna mendorong peranan aktif peserta didik dalam menemukan konsep serta mengembangkan kemampuan matematis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Tahap prototyping phase dengan merancang LKPD berbasis pendekatan saintifik yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation. Pada prototype 2 dilakukan dilakukan expert review untuk menguji validitas lembar kerja peserta didik. Pada prototype 3 dilakukan one to one evaluation kepada tiga orang peserta didik untuk melihat respon serta masukan terhadap lembar kerja peserta didik. Tahap assessment phase dilakukan small group evaluation kepada enam orang peserta didik untuk menguji praktikalitas lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan LKPD mempunyai tingkat validitas 84,12% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian juga menunjukkan LKPD mempunyai tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis berdasarkan hasil analisis angket dan wawancara. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:50
Last Modified: 28 Jun 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38421

Actions (login required)

View Item View Item