Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum (LKP) Menggunakan Diagram Vee tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri se-Kota Padang

Capah, Julaini (2022) Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum (LKP) Menggunakan Diagram Vee tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri se-Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Julaini_Capah_17031200_403_2022.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat berhubungan dengan kegiatan praktikum. Akan tetapi kegiatan praktikum yang dilakukan sering kali menjadi tidak bermakna disebabkan Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang digunakan hanya menuntun peserta didik untuk melaksanakan verifikasi atau hanya sebagai confirmatory saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui struktur kelengkapan dan kualitas LKP menggunakan diagram Vee tentang materi sel di SMA Negeri se-Kota Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 4 LKP materi sel yang digunakan di SMA Negeri se-Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah 4 LKP yaitu 1 LKP pada buku cetak, 1 LKP MGMP, dan 2 LKP buatan guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rubrik keberadaan komponen diagram Vee dan rubrik kualitas komponen LKP menggunakan diagram Vee. Data yang diperoleh dari rubrik keberadaan dan rubrik kualitas komponen diagram Vee ditulis dalam tabel rekapitulasi kemudian data berupa ceklis dan skor dipersentasikan dan dikategorikan. Berdasarkan hasil penelitian dari uji coba praktikum serta analisis data maka diketahui bahwa persentase kelengkapan struktur LKP tentang materi sel berdasarkan komponen digaram Vee pada LKP A sebesar 80% dengan kriteria lengkap, LKP B sebesar 80% dengan kriteria lengkap, LKP C sebesar 100% dengan kriteria sangat lengkap dan LKP D sebesar 80% dengan kriteria lengkap. Kemudian untuk kualitas LKP tentang materi sel di SMA Negeri se-Kota Padang menggunakan diagram Vee pada LKP A sebesar 55% dengan kriteria cukup baik, LKP B sebesar 50% dengan kriteria cukup baik, LKP C sebesar 85% dengan kriteria sangat baik dan LKP D sebesar 30% dengan kriteria kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kelengkapan struktur LKP tentang materi sel di SMA Negeri se-Kota Padang berdasarkan keberadaan komponen diagram Vee sudah lengkap (85%) dan kualitas LKP tentang materi sel di SMA Negeri se-Kota Padang menggunakan diagram Vee memiliki kriteria cukup baik (55%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:47
Last Modified: 28 Jun 2022 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38404

Actions (login required)

View Item View Item