Pengembangan Media Animasi Lagu Minangkabau terhadap Perkembangan Bahasa Ibu Anak Usia Dini

Yeni, Indra and Putra, Irdhan Epria Dharma (2020) Pengembangan Media Animasi Lagu Minangkabau terhadap Perkembangan Bahasa Ibu Anak Usia Dini. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
6 2020 Laporan Penelitian Irdhan Indrayeni.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini pada era modern sangat dekat dengan berbagai teknologi sehingga mereka kurang mengenal budaya setempat. Hal ini berdampak pada kemampuan berbahasa ibu, mereka lebih akrab dengan bahasa kedua yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berdasarkan pengamatan lapangan yang terjadi di kelompok B di Taman Kanak-kanak Kota Padang terlihat kemampuan berbahasa ibu anak rendah. Observasi di Taman Kanak-kanak Kota Padang memperlihatkan bahwa: 1) 76,47% Anak belum mampu mengucapkan dengan fasih kosa kata Minangkabau yang bermakna sehingga sulit untuk dipahami, hal ini terlihat ketika anak saat melakukan kegiatan seperti ketika bercerita, kegiatan berpantun menggunakan bahasa Minangkabau hal tersebut tidak sesuai dengan kaidah tata cara berbicara orang Minangkabau (kato nan ampek). 2) 82,35 % anak belum mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. 3) 76, 47% Anak kurang mampu mengungkapkan perasaan (marah, sedih, gembira,dll) degan tepat sesuai dengan ekspresi. 4)88,25% Anak belum mampu mengungkapkan gagasannya, informasi, Akibat yang dirasakan ketika anak kurang mampu memperoleh bahasa ibu (bahasa Minangkabau) yang memiliki kekhasan dari segi pragmatiknya, anak-anak di Minangkabau saat ini kurang menjujung tinggi adat-istiadat, tatakrama, dan kesantunan, khususnya dalam berkomunikasi yang sedianya telah ada dalam tata aturan yang disebut dengan kato nan ampek, fenomena ini haruslah dicarikan solusi tanpa pengekangan media dan proses bermain sambil belajar dapat berjalan. Salah satu alternatifnya penggunaan media animasi lagu Minangkabau yang dapat membantu sistem bermain sambil belajar untuk stimulus bahasa ibu anak. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus kemampuan bahasa ibu anak yang dieruntukkan bagi anak usia dini menggunakan media animasi lagu Minangkabau yang menarik bagi anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian unggulan terapan. Penelitian ini sesuai dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Negeri Padang pada bidang pendidikan dan ilmu pendidikan yakni pengembangan Model, Media, Teknologi, dan Bahan Pembelajaran.Rancangan penelitian ini dilaksanakan dua tahun berturut-turut.Penelitian ini berbentuk reseach and development menggunakanmodel ADDIE dengan tahapan analisis, design, development, implementation, evaluasi. Tahun Pertama pengenalan media animasi lagu Minangkabau untuk menstimulus kemampuan bahasa ibu anak. Tahap ini berada pada TKT 4 yang mana media animasi lagu Minangkabau di uji cobakan dengan prototipe yang telah dibuat dan menuju TKT 5 yang akan menerapkan prototipe yang telah disempurnakan. Luaran yang akan dicapai pada tahun ini Satu artikel pada prosiding seminar internasional bereputasi (accepted/publish) pada The 2nd Progress in Social Science, Humanis and Education Research Symposium (PSSHERS) di tahun 2020. Teknologi Tepat guna: prototype vidio animasi lagu Minangkabau anak usia dini serta HKI. Tahun Kedua pengembangan model tentang lagu Minangkabau terhadap pembelajaran anak usia dini. Tahap ini berada pada TKT 5 yang mana hasil lagu Minangkabau sudah dapat diterapkan di Taman Kanak-Kanak di Kota Padang menuju TKT 6 yang akan menguji produk dari media animasi lagu Minangkabau di Sumatera Barat. Luaran yang akan dicapai pada tahun ke dua yaitu satu artikel pada prosiding seminar internasional bereputasi , Buku Ajar ISBN tentang media animasi lagu Minangkabau untuk mengembangkan kemampuan bahasa ibu anak dan akan diterbitkan oleh Sukabina Press.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:33
Last Modified: 20 Jun 2022 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38269

Actions (login required)

View Item View Item