Pengembangan Game Edukasi Materi Klasifikasi Hewan Menggunakan Metode Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas X SMA

Rahmawati. Z, Annisa (2022) Pengembangan Game Edukasi Materi Klasifikasi Hewan Menggunakan Metode Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANNISA_RAHMAWATI._Z_17031128_1063_2022.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Materi klasifikasi hewan merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena ruang lingkup pada materi ini adalah mengelompokkan hewan berdasarkan ciri-ciri yang diamati. Penggunaan media pembelajaran dapat membatu peserta didik dalam memahami materi atau konsep yang terasa sulit sehingga menjadi lebih jelas dan lebih mudah dipahami, tetapi media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 4 Solok belum maksimal untuk menarik perhatian peserta didik pada saat pembelajaran. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan membuat media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk game edukasi materi klasifikasi hewan menggunakan metode permainan koa sebagai media pembelajaran biologi kelas X SMA. Pengembangan game edukasi materi klasifikasi hewan ini menggunakan tiga tahapan dari 4-D models yaitu define, design,dan develop (tahapan disseminate tidak dilakukan). Objek penelitian adalah game edukasi materi klasifikasi hewan menggunakan metode permainan koa sebagai media pembelajaran biologi kelas X SMA. Subjek penelitian terdiri dari validator yang berjumlah 3 orang do sen Jurusan Biologi FMIP A UNP, 1 orang guru Biologi SMA Negeri 4 Solok, dan 23 orang peserta didik kelas X MIP A 1 SMA Negeri 4 Solok. Data dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh basil rata-rata validitas yaitu 78.62% dengan kategori valid dan basil rata-rata praktikalitas yaitu 88.89% oleh guru dan 84.06% oleh peserta didik, keduanya dengan kategori praktis. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan game edukasi materi klasifikasi hewan menggunakan metode permainan koa sebagai media pembelajaran biologi kelas X SMA yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:29
Last Modified: 15 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38206

Actions (login required)

View Item View Item