Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Digital Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 15 Padang.

Exellina, Hossa (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Digital Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HOSSA_EXELLINA_17004088_32_2022.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di SMP Negeri 15 Padang, terlihat bahwa kurangnya minat siswa dalam belajar IPS, disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sehingga pembelajaran di kelas menjadi kurang menarik dan siswa terlihat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan apikasi Kahoot! sebagai digital game-based learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 15 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif berbentuk Quasy Experiment. Populasi dari penelitian ini adala siswa kelas IX SMP Negeri 15 Padang tahun 2021/2022. Sampel diambil dari 2 kelas yaitu kelas IX.E sebagai kelas eksperimen dan IX.F sebagai kelas kontrol. Data yang diperlukan dari penelitian ini adalah data hasil belajar yang diperoleh menggunakan tes berbentuk soal objektif sebanyak 30 butir soal, dan data dianalisis dengan uji perbedaan (t- tes). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan apikasi Kahoot! yaitu 80,8 lebih tinggi daripada rata-rata kelas yang menggunakan metode ceramah yaitu 66,5. Dengan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,1140 > 1,734. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi Kahoot! dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan aplikasi Kahoot! dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MATA PELAJARAN IPS, DIGITAL GAME-BASED LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:38
Last Modified: 17 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37993

Actions (login required)

View Item View Item