Penerapan Strategi Artifik untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di UPTD SDN 02 Tarantang Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota

Irvanda, Prima Ardelia (2022) Penerapan Strategi Artifik untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di UPTD SDN 02 Tarantang Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_PRIMA_ARDELIA_IRVANDA_18234097_1131_2022.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penerapan, efektifitas dan hambatan-hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan strategi artifik untuk meningkatkan minat baca siswa di UPTD SDN 02 Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara bersama informan utama dan pendukung yang berjumlah 24 informan, sedangkan data sekunder di diperoleh dari jurnal, buku, skripsi dan lain sebagainya. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat beberapa kegiatan dalam penerapan strategi artifik yaitu membaca buku 5-10 menit sebelum pelajaran yang dilaksanakan saat pagi, sebelum keluar main atau sebelum pulang sekolah tergantung kebijakan wali kelas masing-masing, menonton film motivasi yang dilaksanakan setiap hari jumat atau sabtu setelah keluar main, pojok baca yang dilaksanakan saat pagi, sebelum keluar main atau sebelum pulang sekolah tergantung kebijakan wali kelas masing-masing, lomba majalah dinding (mading) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali saat akhir bulan, dan lomba duta baca yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali saat akhir bulan ; (2) strategi artifik efektif untuk meningkatkan minat baca siswa : a. membaca buku 5-10 menit pelajaran, membuat siswa lancar membaca, menambah kosakata, wawasan dan pengetahuan, b. menonton film motivasi yang membuat siswa dapat meniru dan mempelajari peran baik didalam film, c. pojok baca yang membuat mengisi waktu luang siswa dan memanfaatkan buku di pojok baca untuk tempat belajar. d. lomba mading yang membuat siswa bisa mengembangkan bakat dan kreatifitasnya, e. lomba duta baca yang membuat siswa dapat termotivasi untuk membaca dan membimbing teman-temannya membaca; (3) hambatan yang ditemui dalam penerapan strategi artifik adalah siswa yang berisik, tidak serius dalam melaksanakan kegiatan, menganggap kegiatan artifik sepele, dan tidak disiplin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:06
Last Modified: 28 Apr 2022 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37830

Actions (login required)

View Item View Item