An Analysis of Morphological Errors Found in Indonesian Students’ English Composition of Application Letter at SMAN 1 Baso.

Junaidi, Elwa (2022) An Analysis of Morphological Errors Found in Indonesian Students’ English Composition of Application Letter at SMAN 1 Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELWA_JUNAIDI_16018050_726_2022.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Sejumlah eror morfologikal dapat ditemukan di dalam tulisan lamaran kerja bahasa Inggris milik siswa di SMAN 1 Baso. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kurangnya pemahaman mereka mengenai aturan di dalam morfologi. Sehubungan dengan hal itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) jenis eror morfologikal, (2) jenis error morfologikal yang dominan, dan (3) sumber eror yang terdapat pada tulisan surat lamaran kerja bahasa Inggris milik siswa. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Data yang penelitian yang berasal dari tulisan surat lamaran kerja milik siswa dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada dua jenis eror mofologikal yang ditemukan. Kedua jenis eror morfologikal tersebut adalah eror morfologikal kata benda (yang diindikasi dengan adanya permasalahan dengan noun plural –s) dan eror morfological kata kerja (yang diindikasi dengan adanya masalah dengan present third person singular –s). Jenis eror morfologikal yang paling umum adalah eror morfologikal kata benda. Khususnya untuk sumber eror, ada dua jenis yang ditemukan, yaitu (1) eror intralingual (transfer of morphological elements), dan (2) eror intralingual & pengembangan (overgeneralization & ignorance of rule restriction)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:28
Last Modified: 21 Apr 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37739

Actions (login required)

View Item View Item