Pengembangan E-Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA

Putri, Reza Dahlia (2021) Pengembangan E-Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_REZA_DAHLIA_PUTRI_17035038_4989_2021.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul struktur atom berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA/MA dan menganalisis tingkat validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp. Model Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping stage dan assessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan pada uji validitas berupa angket yang diberikan kepada tiga orang dosen kimia FMIPA UNP, tiga orang dosen FT UNP, satu orang guru kimia MAN 1 Solak Selatan dan satu orang guru kimia SMAN 1 Solak Selatan. Sedangkan Instumen yang digunakan pada uji praktikalitas berupa angket yang diberikan kepada dua orang guru kimia dan 2 7 orang peserta didik MAN 1 Solak Selatan. Hasil uji validitas konten menunjukkan nilai rata-rata CVR sebesar 0,96 dengan kategori tinggi. Hasil uji validitas konstruk ahli materi dan ahli media dianalisis dengan Aiken'V sebesar 0,86 dan 0,88 dengan kategori tinggi. Hasil uji praktikalitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,87 dengan kategori tinggi. Data ini didukung dengan kemampuan peserta didik menjawab soal pada e-modul sebesar 83,2 % pada uji small group dan 80,3% pada ujifield test dengan kategori sanggat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa e- modul struktur atom berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA/MA yang dihasilkan memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan yang tinggi dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:28
Last Modified: 21 Apr 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37736

Actions (login required)

View Item View Item