Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran di Kelas X SMA Negeri 3 Padang

Mahesra, Moulidya (2022) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran di Kelas X SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MOULIDYA_MAHESRA_18016165_861_2022.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran guru bisa mengekpresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak tutur direktif guru di kelas X SMA Negeri 3 Padang, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 3 Padang, dan tindak tutur direktif yang dominan digunakan oleh guru di kelas X SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik sadap sebagai dasar dalam metode simak dan diikuti dengan teknik lanjutan yang berupa teknik rekam dan dokumentasi untuk mendapatkan data tuturan direktif yang digunakan guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini ditemukan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses belajar di kelas X SMA Negri 3 Padang yaitu, tindak tutur direktif bertanya, menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, dan menantang. Strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas X SMA Negeri Padang yaitu, bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. Tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses belajar di Kelas X SMA Negeri 3 Padang yaitu, tindak tutur direktif bertanya. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai contoh tindak tutur bagi guru lainnya dan bagi guru bahasa Indonesia dapat bermanfaat sebagai acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Bagi peneliti sendiri, penelitian ini dapat dimanfaat sebagai penambah wawasan dan pengetahuan sebagai calon guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru dalam pembelajaran adalah tindak tutur bertanya karena guru menginginkan siswanya terlibat aktif dalam proses belajar mengajar dan agar siswa lebih fokus dalam belajar. Tindak tutur direktif yang sedikit digunakan guru adalah tindak tutur menantang karena penggunaan tindak tutur menantang hanya digunakan guru untuk menantang siswa agar lebih aktif, kreatif, dan memiliki daya saing yang tinggi. Kemudian, strategi bertutur yang dominan digunakan guru dalam menyampaikan tuturannya menggunakan strategi bertutur terus terang tanpa basa-bas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:09
Last Modified: 21 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37726

Actions (login required)

View Item View Item