Pembelajaran Teks Resensi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI SMA Negeri 14 Padang

Fitri, Marisa (2022) Pembelajaran Teks Resensi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MARISA_FITRI_17016063_644_2022.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, mendeskripsikan perencanaan pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 di kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 di kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Ketiga, mendeskripsikan pengevaluasian pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data kualitatif dalam penelitian ini dilengkapi dengan data kuantitatif. Data kualitatif akan diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif akan diperoleh dari hasil angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri untuk data kualitatif dan untuk instrumen data kuantitatif adalah angket. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, perencanaan pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 dapat dinilai belum baik jika dipandang dari segi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan metode daring dan luring karena guru SMA Negeri 14 Padang hanya menggunakan RPP tatap muka sebelumnya. Kedua, pelaksanaan pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 dapat dinilai belum baik jika dipandang dari metode pembelajaran daring karena guru sebagai fasilitator terkendala oleh jaringan internet yang kurang stabil dan keterbatasan pengetahuan penggunaan aplikasi pembelajaran daring, hal ini terbukti pada saat proses pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan aplikasi WhatsApp saja. Ketiga, pengevaluasian pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 dapat dinilai belum baik jika dilihat dari segi metode daring karena guru kesulitan melakukan penilaian secara objektif, sedangkan jika dilihat dari metode pembelajaran luring dapat dikatakan baik sekali karena guru telah menerapkan ketiga aspek penilaian yaitu penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teks resensi pada masa pandemi Covid-19 di kelas XI SMA Negeri 14 Padang belum baik jika dilihat dari segi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dari metode daring maupun luring. Hal ini dikarenakan banyaknya kendala yang masih ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:08
Last Modified: 21 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37723

Actions (login required)

View Item View Item