Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respons Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur

Fara, Ayu Lita (2022) Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respons Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AYU_LITA_FARA_17016094_94_2022.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur. Ketiga, mendeskripsikan respons siswa terhadap tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Aur. Sumber data penelitian ini adalah tuturan guru bahasa Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam (handphone) alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik SBLC, rekam, dan catat. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur ada lima, (1) tindak tutur direktif menyuruh, (2) tindak tutur direktif memohon, (3) tindak tutur direktif menyarankan, (4) tindak tutur direktif menuntut, dan (5) tindak tutur direktif menyarankan. Kedua, strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samar-samar. Ketiga, respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur ada dua, (1) respons verbal yang terdiri atas respons verbal positif dan respons verbal negatif, dan (2) respons nonverbal yang terdiri atas respons nonverbal positif dan respons nonverbal negatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur, tindak tutur yang sering digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 57 tuturan. Terdapat empat strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur dan yang paling sering digunakan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi sebanyak 67 tuturan. Terdapat dua respons siswa dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur. Respons yang paling dominan digunakan adalah respons verbal posistif sebanyak 65 tuturan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:06
Last Modified: 21 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37709

Actions (login required)

View Item View Item