Pengembangan Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) Materi Benzena dan Turunannya

Fitri, Lillah (2021) Pengembangan Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) Materi Benzena dan Turunannya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_LILLAH_FITRI_17035149_5956_2021.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Instrumen tes yang bersifat komprehensif membantu pendidik dalam mengukur hasil belajar, miskonsepsi, materi penghambat, hingga keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik berupa esai terstruktur kimia pada materi benzena dan turunannya yang dapat mengukur kelima aspek sebelumnya. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahapan utama yaitu ( 1) defining the content, meliputi mengidentifikasi pemyataan pengetahuan proposisi, mengembangkan peta konsep, menghubungkan pemyataan proposisi dan peta konsep, kemudian pelaksanaan validitas isi, (2) obtaining information about students' misconceptions, dan (3) developing a diagnostic test, meliputi membuat kisi-kisi soal, pengembangan soal, dan melaksanakan perbaikan. Pengembangan instrumen SEDToC pada materi benzena dan turunannya divalidasi oleh 3 dosen dan 2 guru kimia. lnstrumen tes diuji cobakan kepada 20 peserta didik yang telah lulus SMA/MA di Nagari Tanjung Barulak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen SEDToC dinyatakan valid dengan S-CVI=l, dan reliable dengan nilai rac=0.92. Hasil analisis tingkat kesukaran item diperoleh 60% mudah, 31 % sedang, dan 9% sukar. Analisis daya pembeda diperoleh 33% jelek, 39% cukup, 25% baik dari total 55 pertanyaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan instrumen SEDToC pada materi benzena dan turunannya mampu untuk mengukur kelima aspek yang telah dijelaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37703

Actions (login required)

View Item View Item