Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia untuk Kelas XI SMA/MA

Novsimapera, Gatri (2021) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_GATRI_NOVSIMPERA_17035141_4984_2021.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Akibat terjadinya pandemi covid-19, kegiatan belajar dilakukan secara daring atau online. Selain itu, kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi Termokimia dan menguji kevalidan serta kepraktisan sistem pembelajaran yang dihasilkan. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan model Plomp, yaitu: (1) preliminary research, (2) development or prototyping phase, dan (3) assessment phase (tidak dilakukan). Data hasil penelitian dari angket validasi dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken's V, sedangkan data angket praktikalitas dianalisis dengan cara persentase. Berdasarkan hasil penelitian, sistem pembelajaran yang dikembangkan telah valid dengan nilai rata - rata yaitu 0,92 sedangkan nilai rata rata dari validita media yaitu 0,92 dan dalam sistem pembelajaran dikatakan sangat praktis dalam penggunaannya dengan nilai rata - rata dari pendidik yaitu 93 % dan peserta didik yaitu 87 %. Dari uji yang telah dilakukan, sistem pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:51
Last Modified: 20 Apr 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37685

Actions (login required)

View Item View Item