Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung

Rahim, Melinda (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_MELINDA_RAHIM_16129189_4300_2020.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang terjadi di Kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung bahwa pembelajran tematik terpadu yang berpusat kepada peserta didik kurang terlihat, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, peserta didik kurang bekerja sama di dalam kelompok dan lebih mengutamakan diri sendiri, dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperaative Learning tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, di mana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan, yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 orang peserta didik Kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I 87,5% (baik) dan siklus II 97,72% (sangat baik), b) Aspek guru pada pelaksanaan siklus I 85,91% (baik) dan siklus II 96,42% (sangat baik), sedangkan aspek peserta didik pada pelaksanaan siklus I 85,91% (baik) dan siklus II 96,42% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 76,68 meningkat pada siklus II menjadi 92,5. Jadi dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Cooperaative Learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar, Model Cooperative Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:52
Last Modified: 19 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37681

Actions (login required)

View Item View Item