Analisis Motivasi dan Percaya Diri Anak dalam Melakukan Aktivitas Gerak Dasar di Taman Kanak-kanak Kota Padang

Ramdini, Tiara Prima (2021) Analisis Motivasi dan Percaya Diri Anak dalam Melakukan Aktivitas Gerak Dasar di Taman Kanak-kanak Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TIARA_PRIMA_RAMDINI_17330054_3159_2021.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penelitian terdahulu dengan hasil bahwa kemampuan gerak dasar anak di daerah pantai lebih baik daripada daerah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi dan percaya diri serta mengetahui bagaimana motivasi dan percaya diri anak dalam melakukan aktivitas gerak dasar di Taman Kanak-kanak kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian mix method dengan design explanatory research. Subjek penelitian kuantitatif yaitu anak dengan jumlah 36 orang anak. Sedangkan subjek pada penelitian kualitatif adalah 36 orang anak dan 6 orang guru di Taman Kanak-kanak. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan verifikasi data, memberi skor masing-masing altematif jawaban, klasifikasi dan tabulasi data, menghitung skor rata-rata jawaban, dan mencari persentase ketercapaian skor sedangkan analsisis data kualitatif dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan varifikasi data. Hasil penelitian kuantitif diperoleh nilai rata-rata motivasi dan percaya diri anak berdasarkan jumlah keseluruhan indikator pencapaian sebesar 84,68 % dikategorikan sangat tinggj karena 5 sub variabel dikatagorikan sangat tinggi dan 1 sub variabel dikategorikan tinggi. Sedangkan pada variabel percaya diri diperoleh hasil 63,52 % dikategorikan tinggi karena hanya terdapat 1 sub variabel yang dikategorikan sedang. Hasil analisis kualitatif diperoleh data bahwa motivasi anak tergambar dengan tingginya minat dan perhatian, bersemangat melakukan gerak, tanggung jawab, senang melakukan gerak sesuai dengan aturan, berteriak saat ketika berhasil, dan melakukan gerak dengan sungguh-sungguh. Percaya diri anak terlihat saat anak percaya pada kemampuan sendiri, mandiri dalam melakukan kegiatan, optimis, selalu berani melakukan aktivitas gerak di depan umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:02
Last Modified: 13 Apr 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37618

Actions (login required)

View Item View Item