Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Bukittinggi

Haryati, Sovia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SOVIA_HARYATI_1309256_1309256_2021.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terindetifikasi pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Masalah yang ada yaitu hasil belajar siswa masih rendah diperkirakan karena kurangnya intensitas waktu yang dibutuhkan untuk memberikan materi pembelajaran, serta banyaknya soal perhitungan yang hams dipelajari siswa secara berulang-ulang. Media pembelajaran yang hanya berupa materi guru di handout. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran berupa mobile learning sesuai dengan Kompetensi Dasar yang diharapkan. Tujuan mengingat sudah semua siswa memiliki smartphone yang penggunaanya belum maksimal untuk pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif agar dapat digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (Rand D) model pengembangan/our- D (4D). Tahap pengembangan 4D yaitu De.fine (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Pendiseminasian). Data dari penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa data jumlah siswa kelas X DPIB di SMKN 1 Bukittinggi dan media yang digunakan guru yang mengajar Mekanika Teknik, sedangkan data primer diperoleh dari pakar mengenai produk pengembangan media yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone untuk pelajaran Mekanika Teknik valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Mekanika Teknik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:02
Last Modified: 13 Apr 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37616

Actions (login required)

View Item View Item