Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning pada Terna 8 Subtema 1 Kelas V SD

lskandar, Rozie (2021) Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning pada Terna 8 Subtema 1 Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ROZIE_ISKANDAR_16124069_3302_2021.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang mampu membuat peserta didik menghubungkan materi pembelajaran dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dan kurang terlatihnya peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini menyebabkan ketidakmpmuan peserta didik dalam bemalar, memecahkan masalah dan memaknai materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada tema 8 Subtema 1 kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahap yaitu (])analyze learners, (2) state objectives, (3) select methods, media and materials, (4) utilize materials, (5)requires learner participation, (6) evaluate. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi desain pembelajaran. Praktikalitas dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru dan siswa. Keefektifan dilihat dari aktivitas peserta didik dan hasil belajar. Berdasarkan hasil validitas oleh validator diperoleh hasil 89% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa desain pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang diperoleh sebesar 91 % dengan kategori sangat praktis, respon guru sebesar 86% dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya desain pembelaj aran telah memberikan pengaruh dan hasil yang baik dimana hal ini dapat dilihat dari hasil aktivtas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan, oleh sebab itu desain pembelajaran dapat dikatakan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain pembelajaran menggunakan model PBL pada tema 8 sub tema 1 di kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:15
Last Modified: 12 Apr 2022 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37601

Actions (login required)

View Item View Item