Pengembangan Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Baleh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam Padang

Fitri, Ramadaniah (2021) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Baleh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ramadaniah_Fitri_19330028_3604_2021.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal sangat penting bagi anak sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Namun kecerdasan interpersonal tidak diperhatikan karena dianggap akan terbentuk dengan sendirinya di lingkungan anak. Hal tersebut terlihat dari belum adanya indikator dalam pembelajaran mengenai kecerdasan interpersonal atau sosial yang dikaitkan dengan budaya Minangkabau. Penelitian ini bertujuan menghasilkan Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Ba/eh untuk meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model Sugiyono (Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal). Hasil validitas Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Ba/eh untuk meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak usia dini dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata Aiken's V oleh ahli materi yaitu 0,84 dan hasil nilai rata-rata Aiken's V oleh ahli media yaitu 0,83. Hasil praktikalitas Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Ba/eh untuk meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak usia dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas yaitu 92 %. Hasil persentase efektivitas yaitu 88% dan Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Ba/eh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak usia dini dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan media Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Sumbang Duo Ba/eh untuk meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak usia dini dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:13
Last Modified: 12 Apr 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37591

Actions (login required)

View Item View Item