Hubungan Pembelajaran Sains dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan X Koto Singkarak

Nurbaiti, Nurbaiti (2021) Hubungan Pembelajaran Sains dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan X Koto Singkarak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NURBAITI_18330019_4208_2021.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali oleh permasalahan kemandirian anak yang masih rendah di Taman Kanak-kanak SeKecamatan X Koto singkarak seperti anak belum bisa meletakkan barang pada tempatnya, anak tidak mau tinggal sendiri di sekolah, anak belum berani tampil didepan teman dan gurunya serta masalah kemandirian anak lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan penerapan pembelajaran sains sederhana dengan memunculkan kesadaran orang tua agar berpartisipasi dalam meningkatkan kemandirian anak. Serta untuk mengetahui adakah hubungan pembelajaran sains dan keterlibatan orang tua terhadap kemandirian anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif mumi, dan dilakukan dengan metode pengujian asosiatif, dan teknik korelasi pearson product momen. Teknik analisis data dilakukan dengan 2 tahapan yaitu pertama, pengujian prasyarat analisis diuji dengan Uji Normalitas dan Uji Linearitas kedua, pengujian Hipotesis diuji dengan Uji Bivariat dan Uji Multivariat. Pengujian ini dilakukan pada Taman Kanak-kanak seKecamatan X Koto Singkarak namun penelitian difokuskan pada sekolah yang melaksanakan sentra sains. Data hasil penelitian terdiri dari dua variabel bebas, yaitu pembelajaran sains (Xl) dan keterlibatan orang tua (X2) dan satu variabel terikat yaitu kemandirian anak usia dini (Y). pada pengujian prasyarat analisis terbukti bahwa hubungan pembelajaran sains dan keterlibatan orang tua terhadap kemandirian anak usia dini berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linier. Pada pengujian hipotesis terbukti bahwa hubungan variabel bebas dan variabel terikat terjadi multiko atau hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran sains dan keterlibatan orang tua terhadap kemandirian anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:09
Last Modified: 11 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37579

Actions (login required)

View Item View Item