Pengembangan Multimedia Pembelajaran lnteraktif Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Transformasi Geometri

Humaira, Jihan (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran lnteraktif Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Transformasi Geometri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_JIHAN_HUMAIRA_17029100_6157_2021.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan media penunjang dalam proses pembelajaran agar lebih menarik. Multimedia pembelajaran interaktif dapat membantu memvisualisasikan pembelajaran, salah satunya pada materi transformasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi transformasi geometri kelas IX SMP yang valid dan praktis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap Preliminary Research dan Prototyping Phase. Pada tahap Preliminary Research meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Prototyping phase merupakan tahap untuk merancang multimedia pembelajaran interaktifyang terdiri dari prototype 1, prototype 2,prototype 3 danprototype 4. Pada tahap prototype 1 dilakukan evaluasi diri sendiri (self evaluation). Pada tahap prototype 2 dilakukan evaluasi para ahli (expert reviews) untuk menguji validitas multimedia pembelajaran interaktif. Pada prototype 3 dilakukan evaluasi satu-satu (one-to-one evaluation) yaitu mengujicobakan multimedia pembelajaran interaktif yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan yang berbeda. Pada prototype 4 dilakukan tahap evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) yang terdiri dari 6 orang peserta didik. Small Group Evaluation dilakukan untuk mengetahui praktikalitas multimedia pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi transformasi geometri kelas IX SMP mempunyai tingkat validitas 82,02% dengan kategori sangat valid, multimedia pembelajaran interaktif mempunyai tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis yaitu 85,06% oleh peserta didik dan 98,7% oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:19
Last Modified: 07 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37563

Actions (login required)

View Item View Item