Evaluasi Pembelajaran Daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Hanif, Husni (2021) Evaluasi Pembelajaran Daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HUSNI_HANIF_19138013_2761_2021.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu metode belajar pada masa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat berbasis LMS. Evaluasi pembelajaran daring tersebut menggunakan model evaluasi CIPP yaitu: context, input, process dan product. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desain Sequental Explanatory, menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket/kuesioner dan kualitatif dengan wawancara secara berurutan, dimana teknik analisis data menggunakan persentase tingkat capaian responden (TCR) untuk data kuantitatif dan untuk kualitatif menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat secara keseluruhan meliputi: Evaluasi context memperoleh standar skor rata-rata 73,91% dengan kategori cukup. Evaluasi input memperoleh standar skor rata-rata 76,99% dengan kategori cukup. Evaluasi process memperoleh standar skor rata-rata 74,13% dengan kategori cukup. Evaluasi product memperoleh standar skor rata-rata 67,88% dengan kategori cukup. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa program pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat berbasis LMS masih dalam kategori cukup dan perlu diperbaiki untuk masing-masing aspek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:18
Last Modified: 07 Apr 2022 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37558

Actions (login required)

View Item View Item