Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik: di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan

Putri, Noni (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik: di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NONI_ PUTRI_17329188_5704_2021.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan; peran guru PAI sebagai perencana penanaman karakter religius kepada peserta didik di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan, menjelaskan peran guru PAI sebagai pelaksana kesadaran karakter religius peserta didik di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan, menjelaskan peran guru PAI sebagai evaluator perilaku religius peserta didik di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan, menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru PAI di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP N 3 Ranah Ampek Hulu Tapan yaitu: merencanakan pelaksanaan penanaman karakter religius diantaranya musyawarah bersama para guru, merencanakan dalam bentuk RPP yang adanya kesesuaian antara karakter religius yang akan di terapkan dengan materi pembelajaran. Melaksanakan penanaman karakter religius kepada peserta didik diantaranya dilakukan dengan sholat wajib sebagai penerapan nilai ilahiyah yaitu taqwa dilaksanakan dengan menggunakan metode cerita dan pembiasaan, berinfaq atau shodaqoh sebagai Penerapan nilai ilahiyah yaitu ikhlas dan nilai insaniyah dermawan diterapkan dengan menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan media visual serta audio visual yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Mengevaluasi pelaksanaan penanaman karakter religius peserta didik yaitu menggunakan jumal penilaian sikap. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan penanaman karakter religius peserta didik adalah sarana dan prasarana, metode dan media yang digunakan. Faktor penghambat kurangnya waktu jam pelajaran PAI di sekolah, kurangnya pengawasan dari guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:08
Last Modified: 01 Apr 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37474

Actions (login required)

View Item View Item