Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 141 Runding Sumatera Utara.

Lubis, Yusi Fuji Rahayu (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 141 Runding Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_YUSI_FUJI_RAHAYU_LUBIS_16129131_612_2020.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan oleh guru. Guru kurang melibatkan siswa pada pembelajaran. Guru hanya fokus pada pembelajaran satu arah saja dan kurang berinteraksi dengan siswa. Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 141 Runding Sumatera Utara yang berjumlah 16 orang. Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh skor 87,8% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 91,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh skor 81,8% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperolehan skor 90,9% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor 81,8% dengan kualifikasi baik, pada siklus II memperoleh skor 93,9% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 67,54 dengan kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II 80 dengan kualifikasi baik. Sehingga disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SDN 141 Runding Sumatera Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:02
Last Modified: 25 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37418

Actions (login required)

View Item View Item