Analisis Perbedaan Kualitas Randang Daging dengan Menggunakan Kelapa Sangrai (Ambu-Ambu) dan Tidak Menggunakan Kelapa Sangrai (Ambu-Ambu)

Maryetta, Mila (2021) Analisis Perbedaan Kualitas Randang Daging dengan Menggunakan Kelapa Sangrai (Ambu-Ambu) dan Tidak Menggunakan Kelapa Sangrai (Ambu-Ambu). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MILA_MARYETTA_17075082_5754_2021.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya perbedaan randang di setiap daerah, mulai dari bahan yang akan digunakan, dan juga teknik pengolahan yang digunakan pada pembuatan randang. Berdasarkan beberapa literatur yang telah di publish terkait penelitian randang, adanya perbedaan bahan tambahan randang daging, dimana ada daerah yang menggunakan kelapa sangrai (ambu-ambu), dan ada juga yang tidak menggunakan kelapa sangrai (ambu-ambu) dalam pnegolahan randang daging, daerah yang menggunakan sangrai ( ambu-ambu) sebagai bahan tambahan terdapat di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kualitas randang daging dengan menggunakan kelapa sangrai ( ambu-ambu) dan tidak menggunakan kelapa sangrai ( ambu-ambu), meliputi, bentuk, warna, aroma, tekstur dan rasa randang daging. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan metode rancangan acak lengkap (RAL). Data diperoleh dari 5 panelis ahli, dengan menggunakan format uji organoleptik, kemudian data di analisis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang tertinggi terdapat pada randang daging yang menggunakan kelapa sangrai (ambu-ambu) dimana kualitas bentuk daging (2,8), warna daging (3,4), warna bumbu (3,4), aroma randang (3,07), tekstur daging (3,47), tekstur bumbu (2,8), rasa daging randang (3,47,) dan rasa bumbu randang (3,27). Berdasarkan uji hipotesis yang telah diperoleh menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kualitas bentuk daging, warna daging, warna bumbu, aroma randang, tekstur daging, tekstur bumbu, dan rasa daging randang yang menandakan Ho diterima dan Ha di tolak tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada kualitas rasa bumbu randang daging yang menggunakan kelapa sangrai (ambu-ambu) yang menandakan Ha diterima dan Ho di tolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Mar 2022 08:09
Last Modified: 23 Mar 2022 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37404

Actions (login required)

View Item View Item