Pengembangan Modul Dalam Pembelajaran Sosiologi Berbasis Weblog Pada Peserta Didik Di Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi

Putri, Yumna Aulia (2021) Pengembangan Modul Dalam Pembelajaran Sosiologi Berbasis Weblog Pada Peserta Didik Di Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_YUMNA_AULIA_PUTRI_17058228_2557.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Sebelum abad 21, modul banyak berbentuk hardcopy. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), maka pada abad 21 pembelajaran dengan metode hardcopy berubah pada pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog pada peserta didik di kelas XI IPS di SMAN 6 Kota Jambi dengan persyaratan telah dilakukan validitas, kepraktisan dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan desain penelitian 4D. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bantuan teknik tes berupa pretest dan posttest dan teknik nontes berupa wawancara, observasi dan angket. Sumber data penelitian ini berasal langsung dari peserta didik kelas XI SMAN 6 Kota Jambi. Subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI IPS 3 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Berdasarkan penilaian tersebut maka modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog dinyatakan valid secara teoritis. Terlihat validasi dinyatakan layak dan bagus untuk diterapkan dan di kembangkan dan dinyatakan praktis digunakan oleh guru dan peserta didik. Validitas modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog secara empiris diketahui dari hasil penerapan modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:15
Last Modified: 08 Mar 2022 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37211

Actions (login required)

View Item View Item