Pengembangan Soal Open-Ended sebagai Evaluasi Pembelaj aran dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Pembelajaran Sosiologidi Kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Reski, Panji (2021) Pengembangan Soal Open-Ended sebagai Evaluasi Pembelaj aran dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Pembelajaran Sosiologidi Kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_PANJI_RESKI_17058032_20_2021.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya soal ujian semester sosiologi siswa SMA N 1 Sungai Aur yang masih berada dalam kategori LOTS (Low Order Thingking Skills) sehingga siswa memiliki kelemahan dalam menalar fenomena sosial dalam masyarakat sebagai wujud pemahaman konsep sosiologi. Oleh karena itu peneliti mengembangkan soal open-ended dengan jumlah soal 20 buah pilihan ganda dan 5 buah soal uraian/ essay yang disertai alas an. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas soal open- ended yang dikembangkan. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian dan pengembangan soal open-ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa adalah teori konstruktivistik, dengan asumsi bahwa kemampuan siswa menalar fenomena sosial dari soal open-ended yang dikembangkan akan membantu siswa mengkonstruksi konsep sosiologi yang dipelajarinya. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikemukakan oleh Allison Rossett (1987) dengan Model pengembangan ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation, Evaluation).Teknik pengumpulan datanya berupa tes dan angket. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk soal open-ended ini sangat valid untuk digunakan dengan nilai 85,71 %. Sementara dari angket praktikalitas siswa diperoleh 4,52 dengan kategori sangat praktis. Kemudian untuk memperoleh efektvitas soal dilakukan uji-t sehingga diperoleh t-hitung>t-tabel sebesar 5,05>2,042, yang artinya bahwa soal open-ended ini sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:58
Last Modified: 04 Mar 2022 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37165

Actions (login required)

View Item View Item