Penggunaan Smartphone Sebagai Akses Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Lubuk Basung di Era Pandemi pada Mata Pelajaran Sosiologi: Studi di Kasus Kelas XII IPS 1, 2 dan 4

Wati, Melda Novi (2021) Penggunaan Smartphone Sebagai Akses Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Lubuk Basung di Era Pandemi pada Mata Pelajaran Sosiologi: Studi di Kasus Kelas XII IPS 1, 2 dan 4. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MELDA_NOVI_WATI_16058098_4090_2021.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan smartphone sebagai akses belajar siswa di era pandemi covid-19 pada mata pelajaran sosiologi. Maka, dengan kondisi seperti ini, smartphone menjadi media utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pemanfaatan smartphone sebagai akses belajar sosiologi siswa kelas XII IPS 1, 2 dan 4 di era pandemi, (2) kendala yang dihadapi siswa dan guru SMA Negeri 2 Lubuk Basung pada proses pembelajaran daring/online. Untuk menganalisis penelitian mi, peneliti menggunakan teori Konstruktivisme dari vygotsky, mengatakan konstrukivisme adalah sebuah filosofi pembelajaran yang dilandasi premis bahwa dengan merefleksikan pengalaman, kita membangun, menkonstruksi pengetahuan pemahaman kita tentang dunia tempat kita hidup. Manusia belajar karena ada media yang memudahkannya dalam proses belajar mengajar. pendidikan konstruktivis menekankan diri kepada subyek yang hams bisa bergerak, melakukan usaha diri yang maksimal dan optimal untuk melakukan banyak hal. pendidikan konstruktivis berbicara tentang bagaimana subyek mampu mengembangkan dan membangun dirinya menjadi seseorang yang mampu melakukan sosialisasi diri. Siswa belajar karena lingkungan yang membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring dan menggunakan smartphone sebagai sumber belajar. Smartphone sebagai media yang digunakan saat belajar daring memudahkan siswa dalam mencari bahan tambahan belajar dan membuat tugas dari guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pemilihan informan yaitu purposive samplingdengan jumlah informan sebanya 17 orang Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Hubberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan smartphone sebagai akses belajar sosiologi siswa kelas XII IPS 1, 2 dan 4 di era pandemi sangat bermanfaat bagi siswa disaat kondisi belajar daring ini, (2) terdapat kendala- kendala yang dihadapi guru dan siswa dengan proses pembelajaran daring menggunakan smartphone

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:36
Last Modified: 02 Mar 2022 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37153

Actions (login required)

View Item View Item