Perbedaan Perilaku Bullying Siswa Ditinjau dari Keberfungsian Keluarga

Aprilia, Dina (2020) Perbedaan Perilaku Bullying Siswa Ditinjau dari Keberfungsian Keluarga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_DINA_APRILIA_16006061_214_2020.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Bullying adalah penindasan berulang, secara psikologis atau fisik, terhadap orang yang lemah dari orang yang kuat dan sekelompok orang. Perilaku bullying dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu keberfungsian keluarga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa yang berperilaku bullying yang berasal dari keluarga fungsional dan keluarga disfungsional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku bullying siswa dari keluarga fungsional, perilaku bullying siswa dari keluarga disfungsional, dan menguji perbedaan perilaku bullying siswa ditinjau dari keberfungsian keluarga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 278 orang siswa SMPN 34 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel 50 orang, teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model skala Likert. Skala yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah skala perilaku bullying dan diolah melalui teknik statistik dengan menentukan nilai mean, standar deviasi, dan skor. Untuk mendeskripsikan perilaku bullying siswa ditinjau dari keberfungsian keluarga digunakan rumus persentase dan untuk melihat perbedaan perilaku bullying siswa ditinjau dari keberfungsian keluarga digunakan rumus uji-t dengan teknik Independent Sampel Test melalui program statistik SPSS for windows release 20.00.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa, (1) perilaku bullying siswa dari keluarga fungsional pada umumnya berada pada kategori rendah, (2) perilaku bullying siswa dari keluarga disfungsional pada umumnya berada pada kategori tinggi, (3) terdapat perbedaan perilaku bullying siswa ditinjau dari keberfungsian keluarga, dan (4) terdapat implikasi perilaku bullying siswa ditinjau dari keberfungsian keluarga terhadap bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:29
Last Modified: 23 Feb 2022 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37048

Actions (login required)

View Item View Item