Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 27 Kinali Pasaman Barat.

Putri, Rosi Eka (2021) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 27 Kinali Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ROSI_EKA_PUTRI_17129263_2108_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu serta pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stick di kelas IV SDN 27 Kinali Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 25 orang yang terdiri 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata dengan persentase 81.95% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 94.44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I memperoleh rata-rata dengan persentase 80.56% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 91.67% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata dengan persentase 80.56% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 91.67% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan yaitu 77.24 dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan menajadi 91.55 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penelitian ini menunjukkan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 27 Kinali Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:46
Last Modified: 18 Feb 2022 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36980

Actions (login required)

View Item View Item