Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa dengan Menggunakan Model Saintific Tema 7 Pembelajaran 1 di Kelas III SDN 01 Koto Tangah Simalanggang.

Yohanda, Rigo (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa dengan Menggunakan Model Saintific Tema 7 Pembelajaran 1 di Kelas III SDN 01 Koto Tangah Simalanggang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIGO_YOHANDA_15129188_252_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar saat ini belum memuaskan dan belum terlaksana dengan tuntunan pembelajaran tematik terpadu, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran karena rendahnya rasa ingin tahu siswa dalam mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Saintific Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III SDN 01 Koto Tangah Simalanggang yang terdiri dari 24 siswa. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dan lembar tes. Sedangkan tahap pelaksanaan penelitian terdiri dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan hasil dari analisis. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan hasil belajar tematik terpadu. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata pengamatan RPP siklus I pertemuan I 72,22% (C), siklus I pertemuan II 86,11% (B) dengan rata-rata hasilnya 79,16% (B), siklus II 94.40% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan I adalah 78,57% (B) , siklus I pertemuan II 92,85% (A), siklus II 96% (SB). Pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I pertemuan I 78,57% (C), Siklus I pertemuan II 92,85% (A), siklus II 96% (SB). Pada hasil belajar pada nilai pengetahuan siswa siklus I pertemuan I 81,25% (B) meningkat menjadi 87.81% dan pada siklus II 93,75% dan pada hasil belajar pada nilai keterampilan siswa siklus I pertemuan I 76,04% (C), meningkat menjadi 79,16% (B) dan pada siklus II 92,70% (A). Pada rekapitulasi hasil belajar siswa pada siklus I 84,76% (B) dan pada siklus II rekapitulasi hasil belajar siswa adalah 93,75% (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Saintific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIC, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARANTEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:46
Last Modified: 18 Feb 2022 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36979

Actions (login required)

View Item View Item