Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 22 Magek Kamang Magek Kabupaten Agam.

Anggela, Rifrisa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 22 Magek Kamang Magek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIFRISA_ANGGELA_17129173_2805_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa kurang berani menyampaikan pendapat dan guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswakelas IV SDN 22 Magek yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Hasil penelitian : 1) Perencanaan pembelajaran, yaitu siklus 1 dengan ratarata 81,94 % baik (B) dan siklus II dengan hasil 91,67% amat baik (A). 2)Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 80,55% baik (B) dan siklus II dengan hasil 91,67% amat baik (A) serta aktivitas siswa dimana siklus I dengan rata-rata 80,55% baik (B) dan siklus II dengan hasil 91,67% amat baik (A). 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77,22% baik (B+) dan siklus II dengan hasil 83,20% amat baik (A-). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:45
Last Modified: 18 Feb 2022 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36978

Actions (login required)

View Item View Item